Kamis, 22 September 2011

Penyimpanan Dan Transfer Data Record GPS


GPS Garmin 76CSx, dibanding dengan GPS seri sebelumnya 76 dan 76S, seri ini memiliki beberapa perbedaan, hal yang sangat jelas terlihat pada layar GPS yang sudah berwarna, hal lainnya terdapat pada Page Elevation yang terdapat di 76CSx dan 76S tetapi tidak ada pada GPS 76. Hal lainnya terdapat pada Accuracy yang lebih teliti. Pada gambar disamping ini adalah penjelasan fungsi dari bagian GPS tersebut. Antena digunakan menjadi penangkap sinyal satelit, sedangkan zoom in dan zoom out digunakan untuk memperbesar dan memperkecil screen map. Dan pada Mob / navigasi digunakan untuk keperluan navigasi, sedangkan untuk tombol light (lampu) digunakan untuk menghidupkan dan menyalakan GPS, selain itu tombol ini digunakan untuk mengatus contras dan penerangan pada gambar. Sedangkan pada Quit digunakan untuk keluar dari menu atau digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya. Pada tombol Page digunakan untuk mengganti tampilan halaman pada layar. Sedangkan pada tombol Enter digunakan untuk masuk pada menu yang dipilih. Dan Screen adalah layar yang digunakan untuk mengetahui informasi yang didapat.
Penyimpanan Data Record
GPS Garmin 76CSx dilengkapi dengan memori yang berguna untuk menyimpan data point ataupun traks, penyimpanan data point dapat dilakukan dengan cara menekan tombol enter cukup lama, sedangkan data tracks akan tersimpan secara otomatis apabila track log pada pengaturan GPS tersebut telah diaktifkan.
Transfer Data Record ke PC 
Dalam menstransfer data dari GPS ke PC memerlukan sebuah kabel data dan Software Map Source, Software dan kabel data ini biasanya sudah ada disaat anda membeli sebuah GPS garmin, Apabila anda belum memiliki software tersebut, anda dapat mendownloadnya di akhir postingan ini. Pertama tama anda harus membuka aplikasi mapsource yang sudah terinstal pada PC anda, hubungkan GPS dan PC menggunakan kabel data bawaan dari GPS tersebut.

Selanjutnya pilih Transfer pada menu toolbar, pilih Receive From Device
Klik Find Device, tunggu hingga Terlihat Seri GPS anda di Device, Setelah itu pada Waypoints dan tracks Beri tanda chek dan klik Receive
Tunggu Hingga Proses Receiving Complete. Apabila Transfer selesai segera klik OK dan lepaskan GPS anda.
Setelah itu cari lokasi tempat anda merecord data tersebut menggunakan Zoom Tool, apabila sudah ditemukan lokasi tempat anda merecord data, klik Show User Data Tabs (properties), maka akan terlihat seperti gambar selanjutnya.
Selanjutnya sobat klik Tracks(…..), Pada kurung menunjukan jumlah tracks yang anda record, kemudian klik ACTIVE LOG dan tekan ENTER pada keyboard anda, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Opz….., coba anda lihat pada kolom Position, disini masih terlihat Koordinat data record anda masih dalam bentuk koordinat Geodetik, untuk merubah ke koordinat UTM ataupun TM-3º silahkan lihat gambar selanjutnya untuk pengesetan koordinat TM-3º.

Pilih Edit pada toolbar, klik Preferences.. atau lewat Shortcut Ctrl+Shift+P. dan akan muncul gambar seperti disamping ini, pilih Position, pada Datum pilih WGS 84, dan pada Grid pilih User Defined Grid, dengan otomatis disampingnya akan muncul button properties, klik button tersebut maka akan muncul gambar sebagai berikut.

False Northing isikan 1.500.000False Easting isikan 200.000Scale Factor isikan 0.9999dan pada Longitude Origin isikan koordinat longitudinal central pada zone di daerah anda,kalaupun anda belum tahu zone TM-3º ataupun koordinat longitudinal central Zone TM-3º silahkan klik disini baca bagian akhir artikel. 

Jangan lupa klik OK dulu, selanjutnya anda dapat melihat pada AKTIVE LOG pada tracks properties apakah sudah terset ke bentuk koordinat TM-3 º atau belum, kalaupun sudah untuk selanjutnya cara Loud ke AutoCAD, langkah pertama anda perlu bantuan Excel, buka program Excel pada computer anda terlebih dahulu, Copykan Track properties ke Excel caranya buka AKTIVE LOG pada Tracks di Show User Data Tabs (properties), klik kanan pilih select all (Ctrl+A), setelah itu kembali lakukan klik kanan pilih Copy (Ctrl+C), dan Paste ke Excel

Sisakan Kolom A (nomor tracks) dan Kolom J (Lokasi/koordinat), dan setelah itu pisah koordinat antara absis dan ordinat dengan formula Excel RIGHT dan LEFT, LEFT adalah sebuah fungsi excel yang digunakan untuk mengambil sebagian karakter dalam text berawal dari kiri, sama seperti RIGHT hanya saja berawal dari kanan, lihat gambar dibawah ini,
LEFT digunakan untuk mengambil koordinat absis, perlu diperhatikan adalah angka 6 pada formula disamping merupakan jumlah karakter nomor pada koordinat absis.

Sedangkan untuk ordinat menggunakan formula RIGHT


Dalam Load data point ke AutoCAD diperlukan format sebagai berikut, POINTX,Y permasalahanya cara bagaimana kita menggabungkan Absis “,” dan Ordinat, didalam excel terdapat formula untuk menggabungkan beberapa text diantaranya dengan formula CONCATENATE.

Langkah selanjutnya adalah meloud data tersebut ke AutoCAD, Copy Kolom E (Point) dan Kolom F (X,Y), setelah itu paste pada commands di AutoCAD.

Setelah itu lihat apa yang terjadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar